Blueberry, Buah Kaya Nutrisi

Blueberry, Buah Kaya Nutrisi

Blueberry adalah tanaman yang tergolong dalam genusVaccinium. Tanaman ini berasal dari Amerika bagian utara. Buah blueberry berwarna hijau pucat ketika belum matang, kemudian berubah menjadi ungu ketika sudah matang. Buah tersebut biasanya memiliki diameter 5-16 mm, dan memiliki semacam mahkota di bagian bawah.

Terdapat beberapa spesies blueberry yang lazim dikonsumsi, antara lainVaccinium angustifoliumVaccinium virgatumVaccinium elliottii, dan Vaccinium corymbosum. Biasanya blueberry dijual dalam bentuk segar, atau dalam bentuk olahan, seperti jus, buah beku, buah kering, atau dibuat selai.

Blueberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), vitamin B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta karbohidrat dan lemak. Patut dicatat di sini bahwa kandungan mangan dan vitamin K buah blueberry ini cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian akan keduanya yakni sebesar 20% dan 24% masing-masingnya.

Selain itu blueberry juga mengandung antosianin, suatu pigmen tanaman yang bersifat antioksidan. Telah dibuktikan bahwa kandungan antosianin, proantosianidin, resveratrol, flavonol, dan tanin yang terkandung dalam buah blueberry mampu menghambat perkembangan sel kanker dan inflamasi (radang) secara in vitro (1,2,3,4).

Dikatakan pula bahwa mengkonsumsi buah berry (termasuk blueberry dancranberry) dapat membantu mengurangi penurunan kognitif yang lazim terjadi pada penyakit Alzheimer serta akibat kondisi penuaan (5).

Blueberry juga terbukti mampu mengurangi kerusakan otak akibat stroke (6,7). Di samping itu buah ini juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kencing (8).

Pada sistem jantung dan pembuluh darah, buah blueberry bermanfaat menurunkan kolesterol dan kadar lipid total dalam darah (9), juga dapat mengubah glycosaminoglycan yang berperan dalam pengaturan tekanan darah (10).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: